Bunga Oleander, Si Elok yang Berbahaya

 

Bunga Oleander, Si Elok yang Berbahaya

Bunga Oleander, Si Elok yang Berbahaya

Pertanaman.my.id - Dalam film Deliler Fatih’ in Fermanı. Vlad dicerminkan sebagai bunga oleander bunga beracun yang berbahaya.

Vlad ataupun Kazikli Voyvoda merupakan seseorang pangeran dari daerah Eflak ataupun Wallachia. Dia berkembang bersama Mehmed ataupun Sultan Muhammad Al- Fatih.

Cerita Vlad serta Mehmed bermula kala Sultan Murad II berkuasa pada pertengahan abad ke 15. Dia membawa Vlad ke istana Turki Usmani. Selaku ciri damai dengan ayah Vlad yang tunduk pada Kesultanan Turki Usmani.

Tetapi, nasib Vlad Dracula serta Mehmed berbeda. Walaupun tumbuh bersama. Dikala dewasa, Mehmed menjadi Sultan serta Vlad kembali ke wilalayahnya guna memerintah di bawah komando Al- Fatih.

Vlad sang bunga oleander itu mengklaim dirinya selaku anak tuhan. Dia tidak tunduk kepada Turki Usmani sebagaimana dilakukan ayahnya dahulu.

Hingga tidak terdapat jalan lain, sang bunga oleander yang sudah menebarkan racunnya itu juga ditumpas lewat pasukan bernama Deliler.

Bunga oleander, sesungguhnya ialah tumbuhan yang berbunga indah. Tetapi, dia tercantum salah satu bunga yang mematikan sebab memiliki toksin.

Bunga ini mempunyai sebagian warna yang indah, di antara lain putih ataupun kelabu, merah keunguan ataupun kuning kemerahan. Pada ekstrak daun serta bunga tumbuhan bernama latin Nerium oleander ini, terkandung senyawa yang efisien semacam oleandrin.

Isi itu mempengaruhi terhadap nyamuk Anopheles stephensi. Tumbuhan dari familia Apocynaceae ini mempunyai bermacam- macam nama di Indonesia, di antara lain jure( jawa), kenyeri( Bali), kembang mentega, bunga mentega, oleander( Hembing, 1993).


Taksonomi tumbuhan oleander

Tumbuhan ini pula lebih diketahui selaku tumbuhan yang mempunyai watak farmakologis. Daunnya bisa menyembuhkan sesak nafas, kandas jantung, diuretik serta ekspektoran dalam dosis kecil serta wajib lewat pengawasan dokter( Hembing, 1993).

Sebab mempunyai bunga yang indah, oleander setelah itu dijadikan tumbuhan hias. Banyak yang mulai dibudidayakannya

Pembudidayaan itu dicoba sebab tumbuhan ini mempunyai wujud yang unik berbentuk semak- semak yang bertabiat evergreen shrub.

Bunganya yang menawan hampir tanpa sela waktu bermekaran, tahan lama serta bermekaran selama tahun. Seperti itu yang menjadikan tumbuhan ini disukai oleh para pencinta tumbuhan hias serta bonsai. Berikut taksonomi bunga oleander:

  • Kingdom: Plantae
  • Division: Magnoliophyta
  • Class: Magnoliopsida
  • Order: Gentianales
  • Family: Apocynaceae
  • Genus: Nerium.
  • Species: Nerium oleander L.


Tanaman asal Maroko serta Portugal ini dapat berkembang sampai menggapai 2- 6 meter. Dia mempunyai batang yang tegak serta bercabang- cabang.

Selaku tumbuhan hias, tumbuhan ini sesuai ditanam di dekat rumah sebab karakteristiknya yang lebat dengan daun pita bercorak hijau tua.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url