Foto dan Nama latin Tumbuhan hias Hortikultura

Pertanaman.my.id - Hortikultura berasal dari bahasa latin hortus yang maksudnya tumbuhan kebun serta culture yang berarti budidaya, jadi hortikultura dapat dimaksud selaku budidaya tumbuhan kebun..

Tumbuhan hias - Setelah itu hortikultura digunakan secara lebih luas bukan cuma buat budidaya di kebun. Sebutan hortikultura digunakan pada tipe tumbuhan yang dibudidayakan. Bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, penciptaan tumbuhan, hama serta penyakit, panen, pengemasan serta distribusi. Hortikultura ialah salah satu tata cara budidaya pertanian modern.

Tumbuha nhias bunga - Hortikultura ialah cabang dari agronomi. Berbeda dengan agronomi, hortikultura memfokuskan pada budidaya tumbuhan buah( pomologi/ frutikultur), tumbuhan bunga( florikultura), tumbuhan sayur- mayur( olerikultura), tumbuhan obat- obatan( biofarmaka), serta halaman( lansekap). Salah satu karakteristik khas produk hortikultura merupakan perisabel ataupun gampang rusak sebab fresh.


1. ANGGREK( orchidaceae)

Suku anggrek- anggrekan ataupun Orchidaceae ialah satu suku tanaman berbunga dengan anggota tipe paling banyak. Jenis- jenisnya tersebar luas dari wilayah tropika basah sampai daerah sirkumpolar, walaupun sebagian besar anggotanya ditemui di wilayah tropika


2. KRISAN/ SERUNI( christanthemum morifolium)

Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura


Bunga seruni, krisan, ataupun krisantemum merupakan sejenis tanaman berbunga yang kerap ditanam selaku tumbuhan hias pekarangan ataupun bunga petik. Tanaman berbunga ini mulai timbul pada era Kapur.

Bunga seruni merupakan bagian dari tanaman suku kenikir- kenikiran ataupun Asteraceae yang mencakup beragam tipe Chrysanthemum.

Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang diucap sebagai ( kiku). Sebab aromanya yang wangi bunga ini kerap di tambahkan ke dalam teh supaya lebih wangi serta nikmat.


3. ANYELIR( diantus caryophyllus)

Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura


Anyelir, ataupun diucap pula bunga teluki serta diketahui dalam bahasa Inggris selaku carnation, memiliki nama ilmiah Dianthus caryophyllus merupakan tumbuhan hias pekarangan serta pot yang terkenal. Tumbuhan ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir mempunyai warna yang cerah serta bercorak warni, sehingga kerap digunakan selaku hiasan. Terdapat 2 tipe tumbuhan anyelir ialah tipe satu bunga untuk tiap tangkai serta tipe`spray, banyak bunga untuk tiap tangkai.

Anyelir bisa hidup sepanjang 18- 20 bulan. Tumbuhan ini bisa menggapai ketinggian hingga 2 m, tetapi buat bisa berkembang tegak dia wajib diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tumbuhan bunga anyelir bisa menggapai 1 centimeter. serta umumnya membesar pada novel/ ruas.


4. MAWAR( Rosa sp)

Mawar merupakan tumbuhan semak dari genus Rosa sekalian nama bunga yang dihasilkan tumbuhan ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies mayoritas berkembang di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar biasanya ialah tumbuhan semak yang berduri ataupun tumbuhan memanjat yang tingginya dapat menggapai 2 hingga 5 m. Meski tidak sering ditemui, besar tumbuhan mawar yang merambat di tumbuhan lain dapat menggapai 20 m.


5. KELADI( Anthorium andreanum)

Keladi ialah sekelompok tanaman dari genus Caladium( suku talas- talasan, Araceae). Dalam bahasa tiap hari keladi sering pula dipakai buat menyebut sebagian tanaman lain yang masih sekerabat tetapi tidak tercantum Caladium, semacam talas( Colocasia). Keladi sejati tidak sering membentuk umbi yang membengkak. Asal tanaman ini dari hutan Brazil tetapi saat ini tersebar ke bermacam penjuru dunia.

Penciri yang sangat khas dari keladi merupakan wujud daunnya yang semacam simbol hati/ jantung. Daunnya umumnya licin serta memiliki susunan parafin. Dimensi keladi tidak sempat lebih daripada 1m.


6. KEMBANG SEPATU( Hibiscus rosa- sinensis)

Kembang sepatu( Hibiscus rosa- sinensis L.) merupakan tumbuhan semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur serta banyak ditanam selaku tumbuhan hias di wilayah tropis serta subtropis. Bunga besar, bercorak merah serta tidak berbau. Bunga dari bermacam kultivar serta hibrida dapat berbentuk bunga tunggal( daun mahkota selapis) ataupun bunga ganda( daun mahkota berlapis) yang bercorak putih sampai kuning, oranye sampai merah tua ataupun merah jambu.


7. PALEM KUNING( Chrysalidocarpus lutescens)

Palem kuning( Chrysalidocarpus lutescens syn. Dypsis lutescens) merupakan tumbuhan hias terkenal yang biasa ditemukan di pekarangan. Tanaman anggota suku pinang- pinangan( Arecaceae) ini berasal dari Madagaskar tetapi di tempat asalnya saat ini terancam.

Tanaman ini bisa berkembang sampai setingg 6m, walaupun umumnya di pekarangan cuma setinggi 3m sebab alibi keelokan. Semacam palem yang lain, daun tersusun majemuk, menyirip. Warna helai daun hijau cerah, cenderung kekuningan( sehingga diucap palem kuning). Daun ini mempunyai pelepah daun yang lumayan panjang serta menutupi batang yang beruas- ruas. Jumlah anak daun dekat 80 sampai 100 lembar.


8. LIDAH BUAYA( Aloe barbadensis Milleer)

 
Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura

Lidah Buaya( Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman yang telah diketahui semenjak ribuan tahun silam serta digunakan selaku penyubur rambut, penyembuh cedera, serta buat perawatan kulit. Tanaman ini bisa ditemui dengan gampang di kawasan kering di Afrika.

Bersamaan dengan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi, pemanfaatan tumbuhan lidah buaya tumbuh selaku bahan baku industri farmasi serta kosmetika, dan selaku bahan santapan serta minuman kesehatan.


9. SUPLIR( Adiantum capillus- veneris)

Suplir merupakan istilah awam untuk segolongan tanaman yang tercantum dalam genus Adiantum, famili Adiantaceae. Selaku tanaman paku- pakuan, suplir tidak menciptakan bunga dalam daur hidupnya. Perbanyakan generatif suplir dicoba dengan spora yang terletak pada sisi dasar daun bagian tepi tumbuhan yang telah berusia.

Pemeliharaan suplir selaku tumbuhan hias wajib mencermati penyiraman. Kekeringan yang dirasakan suplir tidak dapat diperbaiki cuma dengan penyiraman sebab daun yang kering tidak dapat pulih.


10. PURING( Codiaeum variegatum)

Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura


Puring( Codiaeum variegatum), puding, ataupun kroton merupakan tumbuhan hias pekarangan terkenal berupa perdu dengan wujud serta warna daun yang sangat bermacam- macam. Bermacam- macam kultivar sudah dibesarkan dengan alterasi warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, dan campurannya. Wujud daun juga beragam: memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya" terputus- putus", serta sebagainya.


11. BERINGIN( Ficus benjamina)

Beringin( Ficus benjamina serta sebagian tipe lain, suku ara- araan ataupun Moraceae) sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tanaman berupa tumbuhan besar ini kerap kali dikira suci serta melindungi penduduk setempat. Sesaji kerap diberikan di dasar tumbuhan beringin yang sudah tua serta berdimensi besar sebab dikira selaku tempat kekuatan magis berkumpul. Sebagian orang menyangka tempat di dekat tumbuhan beringin merupakan tempat yang“ angker” serta butuh dijauhi.

Beringin, yang diucap pula waringin ataupun( agak galat) ara( ki ara, ki berarti“ tumbuhan”), diketahui selaku tanaman pekarangan serta tanaman hias pot. Pemulia sudah meningkatkan beringin berdaun loreng( variegata) yang terkenal selaku tumbuhan hias ruangan.


12. HANJUANG( Cordyline terminalis)

Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura


Hanjuang( Cordyline) ataupun andong( bahasa Jawa) ialah sekelompok tanaman monokotil berbatang yang kerap ditemukan di halaman sebagaitanaman hias. Marga Cordyline mempunyai dekat 15 tipe. Sistem APG II memasukkan hanjuang ke dalam suku Laxmanniaceae. Tetapi demikian, sebagian pustaka lain memasukkannya ke dalam Liliaceae( suku bakung- bakungan) dan Agavaceae


13. CEMARA( Casuarina equisetifolia)

Suku cemara- cemaraan ataupun Casuarinaceae meliputi dekat 70 tipe tetumbuhan. Sebagian besar suku ini ada di Belahan Bumi Selatan, paling utama di daerah tropis Dunia Lama, tercantum Indo- Malaysia, Australia, serta Kepulauan Pasifik.

Cemara sendiri ialah tetumbuhan hijau abadi yang sepintas kemudian bisa disangka selaku tusam sebab rantingnya yang beruas pada dahan besar nampak semacam jarum, serta buahnya mirip runjung kecil. Tetapi realitasnya pepohonan ini bukan tercantum Gymnospermae, sehingga memiliki bunga, baik jantan ataupun betina. Bunga betinanya terlihat semacam berkas rambut, kecil serta kemerah- merahan.


14. Paku Tanduk( Platycerium bifurcatum( Cav.) C. Chr.)

Paku Tanduk Rusa( Platycerium) merupakan sesuatu genus tanaman paku dengan lebih kurang 18 tipe. Kesemuanya ialah epifit( pangkal menempel di batang tumbuhan) dengan penampilan yang unik sebab mempunyai 2 jenis daun dengan guna serta wujud jelas berbeda.


15. Kuping Gajah( Anthurium crystallinum Lindl.)

Nama latin tumbuhan hias Hortikultura
 Nama latin tumbuhan hias Hortikultura


Tumbuhan yang lain yang tidak kalah menawan merupakan Anthurium Crystallinum ataupun Telinga Gajah. Tumbuhan ini dipelihara sebab keanehan daunnya yang berupa jantung serta besar, apabila dibanding dengan dimensi batangnya. Daun yang lebar ini kemudian dikira menyamai telinga gajah.

Buat menanamnya hendaknya pakai media yang disukai Anthurium ialah media yang berbentuk kombinasi arang sekam, pakis cacah serta humus. Tujuannya supaya akar- akar dari Anthurium ini gampang buat berkembang serta menyebar.


Tumbuhan hias trending - Terima kasih sudah membaca postingan aku tentang tumbuhan hortikultura mudah- mudahan dapat menaikkan pengetahuan kamu.. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url