Aglonema ataupun Sri rezeki, Tumbuhan Hias yang Menawan serta Populer

Aglonema, Tumbuhan Hias yang Menawan serta Populer

 Aglonema, Tumbuhan Hias yang Menawan serta Populer



Tumbuhan hias lagi jadi primadona. Bukan cuma buat pajangan, tumbuhan hias pula jadi bisnis yang menjanjikan. Terdapat banyak sekali tipe tumbuhan hias yang tidak cuma indah tetapi bernilai fantastis. Salah satu yang banyak diburu ialah aglonema ataupun sri rezeki.


Klasifikasi Tumbuhan Aglonema?

Pertanaman.my.id - Aglonema merupakan tumbuhan hias dari tipe talas- talasan yang terletak di hutan hujan tropis. Mengutip dari sidolitkaji. litbang. pertanian. go. id, nama“ aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Kata Aglo berarti cerah serta Nema maksudnya benang. Di Indonesia, tumbuhan ini pula kerap diucap selaku tumbuhan sri rezek.

Tumbuhan hias daun ini mempunyai pangkal serabut dengan batang tidak berkambium. Wujud daun dari sri rezeki menyirip serta tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak. Dikala ini bunga aglonema banyak dibudidayakan selaku tumbuhan hias. Motif daun yang bercorak dengan warna yang menarik membuat orang bahagia memeliharanya.

Bagi Leman( 2006) dalam bukunya yang bertajuk Aglonema Tumbuhan Pembawa Keberuntungan, klasifikasi tumbuhan ini dalam ilmu taksonomi sebagai berikut:

  • Filum: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub- divisi: Angiospermae
  • Kelas: Monocotyledoneae
  • Ordo: Araceales
  • Famili: Araceae
  • Genus: Aglaonema
  • Spesies: A. modestum, A. brevispathum, A. cochinchinense, A. pumilum, A. hospitum, A. simplex, A. commutatum, A. costatum, A. densinervisum, serta A. crispum.


Identitas Aglonema

Tumbuhan hias bunga - Walaupun spesiesnya sangat banyak, tetapi tumbuhan sri rezeki sesungguhnya gampang dikenali. Mengutip dari skripsi bertajuk Budidaya Tumbuhan Hias Aglaonema di Deni Nursery and Garedening karya Anita Tri Puspitasari, karakteristik morfologi dari tumbuhan sri rezeki seperti berikut ini:


1. Akar

Tumbuhan ini tercantum dalam kelompok tumbuhan monokotil dengan pangkal serabut. Pangkal yang sehat mempunyai warna putih serta berisi sebaliknya pangkal yang kurang sehat bercorak coklat.


2. Batang

Sri rezeki mempunyai batang basa yang lunak serta berair. Dimensi batangnya pendek serta tertutup daun. Warna batangnya biasanya putih, hijau muda, ataupun merah muda bergantung dari tipe spesiesnya.


3. Daun

Energi tarik dari tumbuhan ini terdapat pada daunnya. Wujud daun sri rezeki sangat bermacam- macam, terdapat yang bilat telur, lonjong sampai wujud delta. Permukaan daunnya licin, tidak berbulu, serta tepian rata. Daun tumbuhan ini tersusun selang- seling serta silih behadapan menutupi batang tumbuhan. Daun dari tumbuhan sri rezeki umunya becorak serta bercorak indah sampai membentuk gradasi yang menarik buat ditatap.


4. Bunga

Bunga aglonema mempunyai wujud bulir serta berkembang di zona ketiak daun. Bunga ini tercantum dalam bunga majemuk. Pada bunganya dilapisi oleh selundang bunga ataupun spatha yang gunanya buat menarik serta selaku perangkap serangga. Secara tidak langsung bunga ini berperan pula buat pertahanan diri.


5. Buah serta Biji

Buah dari tumbuhan sri rezeki mempunyai wujud bulan lonjong. Awal mulanya bercorak hijau kekuningan, bersamaan dengan bertamabah usia buah berganti jadi merah. Buah ini dapat dipetik serta di dalam buah yang telah matang ada biji yang dapat digunakan buat pembiakan tumbuhan.


Tipe Aglonema


Tumbuhan Hias - Aglonema ataupun aglaonema mempunyai bermacam- macam tipe dengan karakteristik khasnya tiap- tiap. Ada pula jenis- jenis tersebut selaku berikut:


1. Aglaonema Widuri ataupun Red Peacock

Tumbuhan sri rezeki tipe ini yang sangat kerap dicari. Karakteristik khas dari tumbuhan ini ialah tulang daun yang bercorak merah buatnya terus menjadi indah. Untuk pecinta tumbuhan hias, tumbuhan ini sangat berharga apalagi banyak orang yang rela merogoh kocek sampai ratusan juta buat memperoleh tumbuhan indah ini.


2. Aglaonema Cinta

Diucap selaku aglaonema cinta sebab daun dari tumbuhan ini melengkung pada kedua pangkal menyamai hati. Tumbuhan ini pula sangat menawan dengan cokrak yang unik serta warna yang mencolok. Umumnya tumbuhan ini ditaruh pada ruangan buat membuat cantik ruang tamu.


3. Aglaonema Suksom

Sri rezeki yang satu ini pula dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan tipe yang lain, aglaonema suksom ini tidak mempunyai corak. Daunnya polos tetapi mempunyai warna merah yang mencolok. Daun tumbuhan ini tidak mempunyai banyak klorofil.


4. Aglaonema Claudia

Bila tipe suksom mempunyai warna merah menyala, sri rezeki tipe claudia malah hendaknya. Warna daun tumbuhan ini hijau pucat dengan tulang daun bercorak pink. Asalnya dari Thailand serta sama dengan aglonema yang lain, tipe ini pula banyak diburu apalagi dikala masih bibit.


5. Agalonema Anyamanee

Pesona dari tumbuhan sri rezeki yang satu ini terdapat pada daunnya yang lebar serta bercorak. Tidak tanggung- tanggung tumbuhan ini mempunyai 3 warna yang menawan ialah hijau, putih, serta merah. Sama semacam tipe yang lain, anyamanee pula mempunyai harga yang fantastis.


6. Aglaonema Pride of Sumatera

Tumbuhan ini mempunyai daun yang tidak begitu lebar. Warna daun bagian atas hijau tua sebaliknya bagian bawahnya berwan merah maroon. Batang tumbuhan ini pula bercorak merah dengan sedikit gradasi putih pada bagian bawahnya. Aglaonema tipe ini jadi energi tarik bukan cuma di dalam tetapi pula luar negara. Perihal ini dibuktikan dengan dimenangkannya kontes tumbuhan hias internasional di Belanda pada 2002 silam.


7. Aglaonema Lipstik

Diucap aglaonema lisptik karen pada tepi tumbuhan ini mempunyai warna merah terang sehingga menyamai bibir yang menggunakan lipsik. Walaupun jadi kesukaan banyak orang tetapi biayanya masih lebih terjangkau dibanding dengan tipe yang lain.


8. Aglaonema Legacy

Sri rezeki tipe ini sekilas mirip dengan tipe widuri. Tetapi wujud daun Legacy lebih lebar pada bagian pankal serta ujung runcing. Warna tulang daun merah sebaliknya bagian daunnya mempunyai bercak bercorak hijau muda.


9. Aglaonema Adelia

Daun tipe adelia mirip dengan legancy cuma saja pada tipe ini daunnya lebih panjang serta ramping. Daun sri rezeki adelia memanjang hingga 30 centimeter dengan corak dominan hijau tua dan bercak kuning serta merah muda. Tulang daun tumbuhan ini pula bercorak merah sehingga membuat penampilannya menarik.


10. Aglaonema Nitidum

Tumbuhan yang satu ini lumayan istimewa seba dia dapat berkembang dalam keadaan hitam alias sedikit matahari. Hingga dari itu, nitidum sesuai buat diletakkan di dalam ruangan.


11. Aglaonema Cutlass

Sri rezeki ini mempunyai warna hijau serta putih krem dengan urat daun bercorak hijau. Wujud daunnya tidak begitu lebar tetapi memanjang.


12. Aglaonema Emerald Bay

Daun tumbuhan ini mempunyai warna yang unik. Pada bagian tepi bercorak hijau tua sebaliknya tengahnya bercorak abu- abu perak. Tumbuhan ini pula toleran pada sinar rendah sebaliknya dapat ditaruh di dalam ruangan.


13. Aglaonema Harlequin

Aglonema yang satu ini sangat unik sebab penampilannya dapat membiasakan sinar. Bila kurang sinar tumbuhan ini mempunyai warna hijau dengan bercak kuning serta urat merah muda. Tetapi kala terdapat sinar rupanya jadi kuning serta warna merah muda.


14. Aglaonema Silver Queen

Daun dari tumbuhan ini mempunyai warna perah serta hijau dengan wujud tombak. Tumbuhan ini hendak senantiasa nampak indah walaupun terdapat pergantian sinar.


15. Aglaonema Silver King

Tidak hanya queen terdapat pula king. Tumbuhan hias ini mempunyai warna daun hijau 2 dengan campuran perak yang berseri- seri dari urat utama. Tumbuhan ini pula sesuai ditaruh pada tempat hitam sebab dapat hidup dengan sinar sedikit.


16. Aglaonema Maria Christina

Tipe sri rezeki yang satu ini sesungguhnya mirip dengan tipe silver queen. Cuma saja pada tipe ini perumbuhan daunnya sedikit lebih kecil serta rimbun. Keunikan dari tumbuhan ini ialah tahan pada keadaan dingin.


17. Aglaonema Maria

Aglonema yang satu ini berasal dari Filipina, namanya yang lain ialah Emerald Beauty. Danaman ini mempunyai daun motif hijau tua serta muda. Tumbuhan gampang buat dirawat sehingga banyak orang yang menjadikannya tumbuhan hias di depan rumah.


Harga Aglonema

Tumbuhan hias - Harga tumbuhan aglonema sesungguhnya sangat variatif. Harga didetetapkan oleh tipe dari tumbuhan ini. Terus menjadi indah wujud serta penampilan dari tumbuhan sri rezeki hingga biayanya hendak terus menjadi besar. Selaku patokan, dikutip dari iprice. co. id harga tumbuhan ini mulai dari Rp150. 000 hingga Rp1. 500. 000. Buat memperoleh tumbuhan hias ini kamu dapat membelinya langsung ke tempat jual beli tumbuhan hias ataupun membeli di e- commerce. Tetapi bila Kamu hendak membeli di online shop, hendaknya amati terlebih dulu deskripsi serta evaluasi dari toko tersebut. Yakinkan pula pengiriman nyaman sehingga tumbuhan hendak senantiasa menawan dikala mendarat di rumah kamu. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url