Apa itu tanaman Rosemary, Bagamana cara merawat dan memperbanyak tanaman rosemary ?

Tanaman Rosemary pengusir nyamuk


Rosemary (Rosmarinus officinalis) sangat di minati oleh masyarakat saat ini, karena memiliki daun seperti jarum dan bunga biru cemerlang dan memiliki aroma pinus yang menyegarkan.

Tumbuhannya relatif tahan kering, serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya. Teh rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini biasanya cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan.

Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan Vitamin B6. Dalam perbanyakan tanaman ini biasanya melalui pencangkokan.


Cara merawat rosemary

Tanaman rosemary (Rosmarinus officinalis) itu sangat mudah untuk merawatnya. Berikan tanah berpasir yang dikeringkan sinar matahari setidaknya enam sampai delapan jam.

Tanaman rosemary akan tumbuh subur jika di tempatkan di lingkungan yang hangat, lembab dan tidak tahan terhadap suhu yang sangat dingin.

Karena tanaman rosemary tidak menahan cuaca dingin, lebih baik menanam tanaman rosemary di dalam pot,dan pastikan rosemary berada dalam lingkungan kering sehingga lebih mudah untuk merawat di dalam ruangan. Ini akan berguna jika sebagai hiasan dalam ruangan karena memiliki aroma pinus yang menyegarkan.

Pot terakota adalah pilihan yang baik untuk menanam tumbuhan rosemary. Memungkinkan tanaman mengering lebih cepat. Siram tanaman rosemary secara menyeluruh saat tanah kering saat di sentuh tetapi biarkan tanaman mengering di antara interval penyiraman.

Tanaman rosemary sangat membutuhkan banyak cahaya dan berangin.


Cara memengkas atau memotong rosemary

Memangkas atau memotong tanaman rosemary akan membantu membuat tanaman lebih lebat. Sebagai besar tumbuhan tumbuh subur saat di pangkas sesekali, terutama yang digunakan untuk bahan masakan.

Gunakan gunting tangkai untuk memangkas atau memotong tanam rosemary. Potong pada bagian bunga yang sudah berhenti mekar.

Tidak mengmbil lebih dari sepertiga tanaman setiap saat dan membuat potongan tepat di atas sambungan daun rosemary.

Potonga daun dapat dikeringkan untuk dijadikan bumbu memasak atau teh herbal.


Cara memperbanyak tanaman rosemary

Tanaman rosemary (Rosmarinus officinalis) biasanya diperbanyak dengan menggunakan mentode stek, karena akan sulit mendapatkan biji rosemary hijau untuk berkecambah.

Keberhasilan dalam menanam tanaman rosemary dari biji hanya datang ketika bijinya sangat segar dan ketika ditanam dalam kondisi pertumbugan yang optimal.

Mulai tanam rosemary baru dengan stek dari tanaman yang ada. Potong batang yang panjangnya 5 cm dan buang daun di dua pertiga bagian bawah potongan.

Tempatkan steak dalam campuran perlit dan lumut gambut, semprot dengan air sampai akar mulai tumbuh. Setelah akar berkembang atau muncul, anda dapat memangkas dan menanam steak.

Tanaman rosemary cendering menjadi terikat pada akar dan harus di ganti pot dan tanah setidaknya setahun sekali. Menguningnya daun bagian bawah merupakan indikasi awal bahwa sudah waktunya untuk reppoting. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url