Daun ivy - Apa itu daun ivy dan apa manfaatnya?

Apa itu daun ivy dan manfaatnya
Daun ivy


Pertanaman - Kala mendengar nama daun ivy, bisa jadi banyak orang yang asing dengan tumbuhan ini. Tetapi bila memandang wujudnya, tentu tidak asing lagi sebab daun ivy kerap dijadikan tumbuhan hias. Umumnya tumbuhan ini digantung di teras rumah.

Uniknya, tumbuhan hias ini mempunyai banyak khasiat kesehatan. Salah satunya merupakan mengencerkan dahak dikala seorang hadapi batuk serta sakit kerongkongan.

Kenyataannya, daun ivy memiliki flavonoida yang berperan meredakan alergi serta memperlancar peredaran darah. Apalagi pula berfungsi dalam menyejukkan pernafasan serta meredakan batuk.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dokter. Helmin Agustina Silalahi, mengatakan daun ivy telah lama digunakan selaku obat batuk.

Daun ini, jelasnya, bekerja menyejukkan saluran napas dengan metode mengencerkan dahak sehingga gampang dikeluarkan. Perihal ini diakibatkan sebab daun ivy memiliki bronkodilator sehingga dapat menyejukkan saluran napas semacam pada pengidap asma bronkiale serta dapat menanggulangi bronkitis.

Baginya, daun ivy bisa dikombinasi dengan madu yang pula secara turun temurun telah biasa digunakan buat menanggulangi batuk. Tetapi saat ini isi daun ivy dengan bonus madu natural dapat disantap secara instan dengan Woods Herbal.

Salah satu tipe tumbuhan rambat yang terkenal merupakan English ivy. Diketahui pula dengan nama Hedera helix, daun ivy mempunyai warna hijau selama tahun sehingga sering diseleksi selaku elemen riasan halaman.

Bukan cuma buat estetika, tetapi khasiat daun ivy nyatanya pula berkaitan dengan kesehatan. Banyak ahli obat herbal yang memakainya selaku obat buat menanggulangi permasalahan respirasi.


Khasiat daun ivy

Biasanya, ivy ditemui di bilik gedung serta pula batang tumbuhan. Tumbuhan ini apalagi dapat bertahan di cuaca dingin serta pula kurang cahaya matahari.

Semenjak berabad- abad silam, English ivy sudah banyak digunakan selaku bagian dari tumbuhan herbal. Sebagian aspek yang membuat daun ivy dikira berguna merupakan:


1. Manfaat anti- peradangan serta antioksidan

Di dalam tumbuhan ivy, ada banyak sekali keunggulan semacam anti- peradangan, antioksidan, antivirus, antimikroba, sampai antitumor. 2 komponen utamanya merupakan triterpenoid saponin serta flavonoid.

Zat triterpenoid saponin bisa memaksimalkan penyerapan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, pula dapat menolong melawan kuman.

Sedangkan flavonoid bisa menolong buat:

  • Melenyapkan toksin dalam badan.
  • Menguatkan pembuluh darah.
  • Kurangi alergi.
  • Mengatur enzim dalam badan.


2. Meredakan permasalahan pernapasan

Salah satu khasiat daun ivy yang buatnya terkenal merupakan bisa membuat saluran respirasi jadi lebih rileks. Tidak cuma itu, teh daun ivy pula dapat jadi opsi ekspektoran ataupun pengencer dahak natural.

Ini sangat berguna paling utama untuk orang yang mempunyai alergi, asma, bronkitis, serta pula penyakit paru obstruktif kronis.

Lebih jauh lagi, komponen saponin dalam ekstrak daun ivy bisa membuat respirasi jadi lebih gampang, dengan metode:

  • Mengencerkan dahak sehingga gampang dikeluarkan
  • Tingkatkan penciptaan serta sekresi cairan buat pertukaran oksigen
  • Membuat otot- otot saluran respirasi jadi lebih rileks.


Menariknya, terdapat suatu riset dari Jerman yang menciptakan kalau ekstrak ivy efisien dalam memaksimalkan guna paru kanak- kanak penderita asma bronkial kronis. Partisipan komsumsi 25 tetes ekstrak ivy 2 kali satu hari.


3. Menjernihkan udara

Kenyataan menarik lain dari English ivy merupakan tercantum dalam tumbuhan yang bisa menjernihkan hawa. Apalagi, daun ivy bisa melenyapkan zat beracun di hawa semacam benzene, formaldehyde, xylene, serta toulene. Ini merupakan racun- racun yang bisa memunculkan sick building syndrome.

Menunjang kenyataan ini, terdapat riset pada tahun 2013 yang menciptakan kalau English ivy dapat kurangi partikel jamur di hawa. Dalam 12 jam, kandungan bau hawa menurun lebih dari 94%. Apalagi, jamur juga menurun sampai 78, 5%.

Tetapi, riset di atas baru dicoba di zona terbatas. Apabila diletakkan di rumah, bisa jadi efektivitasya lebih rendah daripada air purifier.


4. Meredakan keluhan arthritis

Daun ivy bisa meredakan infeksi pada penderita arthritis ataupun radang sendi. Riset dari Indian Journal of Pharmaceutical Sciences memperlihatkan kalau ekstrak English ivy bisa jadi bagian dari penyembuhan radang sendi. Riset ini dicoba pada tikus laboratorium.

Hasil dari riset itu, radang persendian pula terus menurun sehabis menempuh perawatan sepanjang 7 hari. Ini jadi usulan menjanjikan kalau English ivy dapat jadi penindakan efisien serta terjangkau buat radang sendi.

Tetapi pasti saja, masih butuh riset lebih jauh lagi buat meyakinkan daya guna dari ekstrak daun ivy.


Apakah ada dampak sampingnya?


Secara universal, ekstrak daun ivy nyaman baik buat kanak- kanak ataupun orang berusia. Mungkin hadapi alergi sangat kecil, 1 dari masing- masing 10. 000 orang.

Tetapi sama semacam penyembuhan alternatif serta herbal, senantiasa terdapat resiko terbentuknya dampak samping. Contoh indikasi yang dapat timbul kala seorang hadapi dampak samping merupakan:

  • Kesusahan bernapas.
  • Pembengkakan.
  • Kulit memerah.
  • Kulit gatal.


Perhatikan pula kalau English ivy dapat saja beracun apabila langsung disantap. Biasanya, orang komsumsi dalam wujud teh buat memperoleh khasiat daun ivy. Terdapat pula yang mengaplikasikan secara topikal sehabis dicampur dengan minyak esensial.

Bunda berbadan dua pula hendaknya menjauhi mengkonsumsi ekstrak ivy sebab belum pasti nyaman untuk bakal anak dalam isi. Dalam dosis besar, daun ivy pula dapat menimbulkan mual serta muntah. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url