Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias


Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias

 Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias


Baca Juga : Saran Jenis Tumbuhan Kaktus Hias

Pertanaman.my.id - Setelah memutuskan untuk melakoni hobi baru dan memilih tanaman kaktus hias yang ingin dipelihara, pemilik perlu mengetahui beberapa tips tanam hingga perawatan.

Kendati kaktus adalah jenis tanaman hias dengan perawatan minim, namun tetap saja membutuhkan perhatian khusus. Ini karena tanaman yang ditempatkan dalam ruangan akan lebih perawatan ekstra ketimbang tanaman biasa yang mudah tumbuh di lahan luar rumah atau kebun.

Melansir dari The Spruce, berikut tips sederhana merawat tanaman kaktus hias indoor.


1. Sinar Matahari

Sinar matahari sangat vital bagi kaktus kala musim dingin, sebab kaktus memiliki karakteristik tanaman yang hidup di tempat panas dan kering. Namun, cahaya matahari yang berlebihan juga tak baik karena dapat menyebabkan daun kaktus hijau menjadi kuning atau kering di beberapa ujungnya.

Oleh sebab itu, pemilik harus pandai merawat kaktus dengan tetap memperhatikan pergantian musim. Jika musim penghujan, ada baiknya untuk meletakkan tanaman hias kaktus di depan rumah untuk sesekali.

Namun jika musim panas tiba, beberapa jenis kaktus tak harus terkena langsung paparan sinar matahari, atau cukup diletakkan dalam rumah namun terkena cahaya seperti dekat jendela.


2. Tanah

Gunakan tanah yang bersih dan semi-gambut. Lebih baik tambahkan dengan zat anorganik seperti perlit untuk meningkatkan drainase dan aerasi dalam semangkuk tanaman.

Selain itu, ganti tanah secara rutin. Pemilik patut menambahkan pemeliharaan dengan mengganti tanah baru yang cukup subur dan dilengkapi dengan pupuk yang maksimal.


3. Air

Lakukan teknik penyiraman dengan memperhatikan musim, seperti siram lebih banyak air ketika musim kemarau. Namun jika musim penghujan tiba, normalnya penyiraman selama dua hingga tiga kali seminggu dapat dimaksimalkan hanya dengan dua kali penyiraman saja dalam seminggu.

Pembusukan batang bawah hingga akar dapat terjadi ketika air tak diserap baik oleh tubuh kaktus dan malah membuat tanah menjadi sesak, dan menghambat sirkulasi udara kaktus.


4. Suhu dan Kelembapan

Setiap jenis kaktus memiliki kepekaan terhadap suhu dan kelembapan yang berbeda. Sebenarnya, kaktus tak hanya bisa hidup di padang pasir atau daerah dengan suhu yang panas. Pada suhu yang sangat dingin pun, ia bisa hidup. Kaktus memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

Namun, pemilik tetap harus memperhatikan perbedaan cara perawatan ketika musim hujan atau panas tiba. Seperti ketika musim penghujan, maka kaktus diamankan di dalam rumah, dan begitu juga sebaliknya.


5. Pupuk

Jangan lupa untuk memberikan pupuk atau vitamin bagi para kaktus. Pupuk ini dapat membantu kesuburan tanaman hias kaktus menjadi lebih baik dan sehat.

Namun, ingatlah untuk memberikan pupuk secara proporsional, sebab pupuk yang diberikan dalam jumlah banyak juga berefek tidak bagus pada tanaman ini.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang tertarik dengan tren tanaman kaktus hias kekinian ini? Jika iya, semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi dalam bertanam kaktus hias, ya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url